Jumat, 05 Juli 2013

Sejarah Virus Komputer

Adanya perusahaan informasi teknologi yang mengkhususkan diri dalam keamanan komputer tidak mengherankan. Sekarang ini diketahui ada lebih dari 70.000 virus komputer. Program pencegahan virus pun jadi kebutuhan dan selalu perlu selalu diperbaharui.
Sejarah virus yang mengindap pada komputer menurut catatan Daniel Tynan dari PC World berawal dari tahun1982. Kala itu tersebar melalui disket untuk Apple II dan dinamai Elk Cloner. Pada layar monitor akan terpajang tulisan yang diakhiri dengan kata-kata,”Yes it’s –Cloner!”
Istilah virus sendiri digunakan mulai tahun 1983 oleh seorang pelajar dari University of Southern California (USC) bernama Fred Cohen. Definisinya adalah program komputer yang bisa mereplikasi dan dapat menghancurkan program.

Virus pertama yang menjangkit komputer tipe IBM disebut Brain. Muncul tahun 1986 dan tersimpan melalui disket 360KB. File teks yang terdapat di dalamnya juga memuat nama penciptanya dua bersaudara asal Pakistan, Basit dan Amjad Farooq Alvi. Sebuah virus eksperimental secara tidak sengaja lolos dari laboratorium di Israel. Virus itu bernama Jerusalem dan menyerang pada tanggal 13 hari Jumat. Seluruh program yang terkena pada hari itu akan terhapus.
Sedangkan worm pertama, sejenis virus namun tidak bisa mereplikasi, yang menyebar melalui jaringan internet, muncul tahun 1988. Dibuat oleh mahasiswa S1 Robert Morris Jr, worm menyebabkan kerugian antara 10 hingga100 juta dolar pada sistem 6000 Unix.
Hingga awal dekade 90an jumlah virus yang diketahui baru mencapai 300.Baru pada tahun 1992 virus yang mendapat perhatian besar media massa bernama Michelangelo. Dibuat agar beroperasi pada 6 Maret ( hari kelahiran pelukis mural terkenal dari Italia) virus ini berhasil menjangkiti 5000 hingga 10.000 perangkat komputer.
Selain virus di boot sector yang muncul pada 1987 bernama Stoned yang tidak merusak apapun, kemudian muncul berbagai tipuan virus yang melanda dunia. Tipuan virus melalui jaringan internet yang ternyata tidak membahayakan adalah Good Time yang dikabarkan menyebar melalui internet pada tahun 1994. Sejak itu kerap kali kasus semacam Good Time terjadi.
Tahun 1995 hingga 1997 baru muncul virus yang sama-sama menyerang komputer berbasis Apple-Macintosh maupun IBM-Windows. Pada pertengahan dekade 90an sudah dikenal hingga 10.000 virus. Dan awal milenium baru sudah mencapai 70.000. Kita masih baru di titik awal, demikian pendapat para pakar bidang ini

Artikel Terkait:

Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))