Rabu, 10 Juli 2013

Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun Mengwi berlokasi di Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Jika anda berangkat dari kota Denpasar, anda harus menempuh jarak sekitar 28,8 km ke arah jalan sunset road dengan waktu tempuh sekitar 40 menit jika tidak terjadi kemacetan lalu lintas jalan raya. Bila tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum jurusan Denpasar – Singaraja atau Denpasar – Bedugul. Kemudian wisatawan bisa turun di persimpangan jalan di Desa Mengwi, dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki sekitar 250 meter.

Pura Taman Ayun Mengwi – Tempat Wisata Bali

Taman Ayun dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik. Pura Taman Ayun ini memiliki pemandangan yang indah. Pesonanya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura yang berada di atas lahan seluas 4 hektare. Dari kejauhan kolam tersebut terlihat seperti gelang air, sehingga seolah-olah bangunan pura berada di atas permukaan air. Pemandangan yang indah tersebut semakin lengkap dengan tumbuhnya rerimbunan pohon pohon dan bunga-bunga di sekitar bangunan pura.
Pura Taman Ayun Pura Taman Ayun

Kompleks pura Taman Ayun Bali ini terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Pada bagian pertama yang digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, wisatawan bisa menikmati indahnya susunan meru, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura-pura di Bali. Sedangkan pada bagian kedua, wisatawan akan menjumpai bangunan bernama Bale Pelik yang dihiasi oleh seni ukir, relief, serta patung Dewa Nawa Sanga yang sangat indah.
Daya tarik yang lain yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang berwisata ke tempat ini adalah peninggalan Kerajaan Mengwi yang berada sekitar 300 m dari pura itu, serta Museum Manusa Yadnya. Dalam museum tersebut, wisatawan bisa menyaksikan upacara-upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan manusia, mulai dari dalam kandungan sampai meninggal.

Artikel Terkait:

Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))