Senin, 27 Mei 2013

Menggerakkan Komponen & Membuat Animasi menggunakan komponen tTimer

 
Pada bagian ini, anda akan belajar bagaimana menggerakkan komponen dan membuat animasinya dengan menggunakan komponent tTimer. Ikuti langkah-langkah berikut :
1.      Buat sebuah project baru. Set nama form anda dengan nama AnimasiForm.
2.      Masukkan komponen-komponen sebagai berikut :
Set Properti Komponen Animasi Delphi

3.      Set properti masing-masing komponen sebagai berikut :[TABLE=13]
4.   Bagi klausa tipe, tambahkan tipe baru tArah berupa set dari (diam,kiri, kanan, atas, bawah) [code language="php"]
type
tArah = (diam,kiri, kanan, atas, bawah);
[/code]
5.      Tambahkan konstanta langkah bernilai 10 [code language="php"]
const
langkah = 10;
[/code]
6.      Tambahkan variabel arah bertipe tArah [code language="php"]
var
AnimasiForm : TAnimasiForm;
arah        : tArah;
[/code]
7.      Pada bagian Implementation, buat kluasa tambahan Initialization berisi : [code language="php"]
implementation
Initialization
arah := diam;
end.
[/code]
8.   Sorot komponen SpeedButton1 sampai SpeedButton5. Klik Object Inspector, pada tab event di baris onclick, ketik event handler ChangeDirection. Ketik kode event handler sebagai berikut : [code language="php"]
procedure TAnimasiForm.ChangeDirection(Sender: TObject);
begin
if sender=SpeedButton1 then
arah := diam
else if sender=SpeedButton2 then
arah := atas
else if sender=SpeedButton3 then
arah := kiri
else if sender=SpeedButton4 then
arah := bawah
else if sender=SpeedButton5 then
arah := kanan
end;
[/code]
9.      Sorot komponen timer1. Ketik kode untuk event onTimer sebagai berikut : [code language="php"]
procedure TAnimasiForm.Timer1Timer(Sender: TObject);
begin
if arah=atas then
begin
Shape1.top := Shape1.Top - langkah;
if Shape1.Top<=0 then
arah := bawah
end
else if arah=bawah then
begin
Shape1.top := Shape1.Top + langkah;
if Shape1.top>=(panel2.Height - Shape1.Height) then
arah := atas
end
else if arah=kiri then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left - langkah;
if Shape1.Left<=0 then
arah := kanan
end
else if arah=kanan then
begin
Shape1.Left := Shape1.Left + langkah;
if Shape1.Left>=(panel2.Width - Shape1.Width) then
arah := kiri
end;
end;
[/code]
10.  Simpan file unit anda dengan nama uAnimasi.PAS
11.  Simpan file project anda dengan nama Animasi.DPR. Sekarang kompilasi dan jalankan program anda
Pada bagian ini, anda telah belajar membuat animasi sederhana dengan menggunakan komponen tTimer. Semoga membantu.

Artikel Terkait:

Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))